Kamis, 04 April 2013

Jadwal Pelaksanaan UKA 2013

Jadwal pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) 2013 masih menunggu persiapan. Tahun 2012 lalu UKA dijalankan akhir Februari, tetapi untuk tahun ini, sampai awal Maret 2013 belum ada persiapan UKA yang mencolok.
sertifikasi guru 2013
Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Kapusbanprodik) BPSDMP-PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unifah Rosyidi seperti yang dikutip dari JPNN.com Selasa (26/2/2013) menuturkan, memang benar pihaknya saat ini masih konsentrasi pada penerapan kurikulum baru. Dampaknya, program pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) guru calon peserta sertifikasi kedodoran.
“Kita belum bisa menjelaskan soal persiapan pelaksanaan UKA,” katanya. Belum ada persiapan yang signifikan tentang UKA yang telah ditetapkan. Undangan bagi guru peserta UKA juga belum disebar. Padahal tahun lalu UKA digelar pada 25 Februari.
“Undangan belum kita sebar, karena juga masih menunggu anggaran. Jadi sabar dulu ya,” ujar mantan petinggi PB PGRI tersebut.
Sebelumnya, Syawal Gultom Kepala BPSDMP-PMP Kemendikbud memperkirakan pelaksanaan UKA 2013 akan mundur menjadi sekitar Maret. Ini pun dengan catatan tidak ada gangguan dengan pelatihan penyiapan guru menghadapi kurikulum baru 2013.
Syawal juga meminta para guru yang telah masuk dalam database sebagai calon peserta sertifikasi 2013 untuk mempersiapkan diri. Jangan sampai meraih nilai buruk seperti dalam UKA 2012 terulang lagi tahun ini. Kemendikbud masih memiliki tanggungan untuk mensertifikasi guru sebanyak 250 orang.
Jika jadwal pelaksanaan UKA 2013 benar-benar mundur dibandingkan tahun lalu, berpotensi mempengaruhi pelaksanaan program sertifikasi guru 2013. Selain itu, pencairan tunjangan profesi yang diidam-idamkan guru dalam Program sertifikasi profesi itu juga berpotensi mundur.
Selama ini program pelaksanaan UKA dijalankan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Semoga informasi jadwal pelaksanaan UKA 2013 dapat bermanfaat, mengapa sampai saat ini (4/3/2013) belum ada kabar tentang UKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar