Jumat, 05 April 2013

Rekrutmen CPNS formasi umum akan dibuka sekitar bulan September-Oktober, tenaga honorer Juni




Sahabat pembaca setia info CPNS tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa Rekrutmen CPNS formasi umum akan dibuka sekitar bulan September-Oktober, tenaga honorer Juni. Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari Suara Merdeka

Rekrutmen CPNS Formasi Umum Dibuka September

 WONOGIRI, suaramerdeka.com - Rekrutmen CPNS dari formasi umum diperkirakan akan dibuka sekitar bulan September-Oktober, mendatang. Adapun rekrutmen CPNS dari tenaga honorer rencananya akan dibuka Juni mendatang.
Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Yulina Setiawati mengatakan, moratorium CPNS telah berakhir. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui jumlah formasi yang akan dibuka di seluruh Indonesia.
"Jumlah formasi untuk setiap instansi dan pemerintah daerah juga belum diketahui karena masih dianalisis," katanya saat pembukaan Bintek pilot project penataan PNS di Kabupaten Wonogiri, Selasa (2/4).
Meski demikian, dia mengakui moratorium CPNS yang diberlakukan dua tahun belakangan membuat pemerintah mengalami krisis PNS.
Apalagi, jumlah PNS yang pensiun di seluruh Indonesia mencapai 125.000 orang per tahun. "Jumlah PNS menunjukkan tren yang terus menurun," imbuhnya.
Dia menerangkan, kebutuhan PNS akan disesuaikan dengan realita di lapangan. Dengan demikian, rekrutmen CPNS tidak hanya mempertimbangkan faktor alokasi gaji pegawai maksimal 50% dari APBD.
"Beberapa daerah membutuhkan banyak PNS karena wilayahnya sangat luas. Kami akan pertimbangkan realitas di lapangan," ujarnya.
Sementara itu, pemerintah pusat masih mempertimbangkan dua sistem tes untuk rekrutmen CPNS. Yakni kembali memakai pola lama atau menerapkan sistem baru, Computer Assisted Test (CAT).
Sambil menunggu  perkembangan kabar penerimaan CPNS Tahun 2013 selanjutnya, ada baiknya anda mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TKD dan TKB mulai dari sekarang. Anda harus mempersiapkan diri agar dapat lolos dari seleksi ambang batas nilai yang merupakan kunci sukses lolos CPNS jalur umum dan honorer tahun 2013. Kabarnya untuk tes seleksi umum mulai tahun ini pemerintah akan menggunakan metode baru berupa Computer Assissted Test (CAT). Sesuai  Inpres No. 1/2013,Presiden juga memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS/PNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).Pada tahap awal tahun 2013 ini, Presiden memerintahkan BKN untuk bisa menerapkan rekrutmen berbasis CAT untuk 18 instansi pemerintah.
Nah, untuk anda yang belum terbiasa dengan komputer dan ingin menjadi CPNS, mungkin ada baiknya anda mempersiapkan diri mulai sekarang. Bagi yang sudah terbiasa mengikuti ujian dengan komputer mungkin ujian seperti diatas dengan menggunakan CAT bukan suatu masalah yang serius, namun untuk yang belum terbiasa dengan komputer ada baiknya anda membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan pada komputer. Salahsatu alternatif yang bisa anda coba adalah software yang dapat anda download dari LATIHANSOAL. Ujian dengan menggunakan CAT ini kabarnya akan mulai diselenggarakan setelah disahkannya Rancangan undang-undang Aparatur Sipil Negara. CAT merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN yang terbukti mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap instrumen tes kepegawaian  secara transparan, obyektif, cepat, dan dapat dipercaya. Keunggulan software ini dibanding ebook pdf  adalah dapat digunakan tanpa internet / offline, dapat di update, ada waktu pengerjaaan, interaktif, ada nilai score latihan, dapat mereview kembali hasil latihan, otomatis dapat tahu kunci jawaban setelah menjawab, dapat mengacak soal (sehingga anda dapat mengulang kembali), dapat mengacak jawaban (sehingga anda dapat mengulang kembali). Software ini dapat juga dijalankan di perangkat ipad dan android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar