Persyaratan lulusan siswa di Amerika Serikat ditentukan oleh tiap
state, dan pada tahun 2001 sebanyak 34 states mengharuskan tes bagi
siswa yang menghasilkan produk, bukan tes tertulis. Produk yang
dihasilkan antara lain berupa hasil riset yang dipresentasikan di depan
kelas. Ebtanas tidak ada. Nampaknya, tidak ada satu sistem pendidikan
tertentu yang harus dianut di AS. Guru minimal berpendidikan S-1 di
bidang mata pelajaran yang diajarkan, dan menguasai metode pembelajaran.
Guru harus memiliki lisensi (semacam sertifikat) mengajar yang harus
diperbarui setiap 5 tahun. Pembaruan lisensi dimaksudkan agar guru
selalu mengikuti perkembangan dan menambah pengetahuannya. Caranya, guru
harus mengambil course di perguruan tinggi sebanyak 6 kredit unit.
Kurikulum
Kurikulum adalah dokumen atau perencanaan dalam sistem sekolah yang
menetapkan kerja guru dan berfungsi menfokuskan serta mengaitkan
pekerjaan guru. Ada 3 macam kurikulum, yaitu: (a)written atau tertulis,
(b)taught atau diajarkan, dan (c)tested atau diujikan. Guru harus tahu
kurikulum yang tertulis, harus tahu materi dan cara mengajarkan materi
tersebut. Selain itu guru harus menguji murid berdasar bahan yang
diajarkan. Kurikulum harus divalidasi apakah sudah benar dan mengetahui
bagaimana menguji kebenaran tersebut. Caranya antara lain dengan
menggunakan (matrik validasi( dari berbagai segi (seperti menurut
standar nasional, ebta, kebijakan, pendapat guru, alumni, textbook, dan
lain-lain) terhadap pengetahuan, ketrampilan, dan sikap anak didik.
Ada juklak kurikulum yang dibuat dengan memperhatikan 5 elemen, yaitu:
(a)kejelasan dan validitas sasaran, (b)sesuai dengan yang diujikan,
(c)tingkat sasaran yang diinginkan, (d)korelasi sumber daya dengan
sasaran, dan (e)kegiatan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh guru.
Masing-masing elemen diberi bobot antara 0-3. Bobot terendah (0) bila
elemen tidak mendukung, dan bobot tertinggi (3) bila elemen sangat
sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian bobot terendah adalah 0
dan bobot tertinggi adalah 15. Kurikulum dikatakan baik jika bobotnya
bernilai >12.
Jaminan untuk meningkatkan penilaian
siswa ada 3, yaitu: (a)mengajarkan yang akan diujikan (content
alignment), (b)mengajarkan sesuai dengan cara menguji (context
alignment), dan (c)menguasai cara pembelajaran agar 90% siswa berhasil.
Dalam kurva normal, pernyataan yang dapat diekspresikan adalah (a)(Saya
ingin semua siswa belajar,( dan (b)(Saya ingin semua siswa lulus.(
Keinginan agar siswa mendapat nilai di atas rata-rata adalah sesuatu
yang tak mungkin dalam kurva normal. Hal ini dapat terjadi dalam kurva
(J(, kondisi di mana semua siswa belajar dan hasilnya di atas rata-rata.
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa seorang
guru harus berperan dalam berbagai hal, yaitu: (a)mengetahui kurikulum
yang tertulis, (b)memantau kurikulum yang diajarkan, (c)memberi masukan
terhadap kurikulum yang tertulis dan diujikan, (d)menganalisis data
ujian, (e)menentukan rencana pengembangan pencapaian akhir siswa dengan
melibatkan semua guru, dan (f)memberitahu orang tua siswa cara membantu
anaknya agar berhasil.
Personil
Jumlah guru merupakan problem di AS, karena masih dirasakan kekurangan
jumlah guru, termasuk mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi sebagai
calon guru. Sertifikasi guru dilakukan oleh National Board for
Professional Teaching Standards. Guru harus tahu isi pelajaran dan cara
mengajarkannya.
Rekrutmen guru dilakukan dengan upaya:
(a)mencari dan menginterview mahasiswa yang berpotensi, (b)menghadiri
pameran kerja yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi,
(c)mengiklankan pelamar multikultur baik lokal, nasional, maupun
internasional, (d)menawarkan bonus, dan (e)memasang website. Apabila ada
calon guru yang mendaftar, maka seleksi dan penempatan dilakukan oleh
Kantor Administrasi Kabupaten, termasuk penggajiannya. Kepala sekolah
juga ikut menyeleksi.
Perpindahan ke tempat tugas lain
dilakukan dengan pertimbangan ketersediaan dan senioritas guru. Guru
pemula dibimbing dengan mentoring oleh guru berpengalaman secara
sukarela (tidak ada honor bagi mentor), di luar jam sekolah, sekali
dalam satu atau dua minggu. Materi bimbingan antara lain: desain
kurikulum, pengelolaan kelas, pembuatan soal ujian, komunikasi dengan
orang tua siswa, dan pengelompokan siswa karena cara pengajaran yang
berbeda.
Gaji guru
Bagi guru
pemula, gaji antara $25.000 - $35.000 per tahun. Kalau dikurs dengan
rupiah sekitar Rp25.000.000 per bulan. Tapi jangan dianggap sangat
besar, karena kebutuhan hidup di AS cukup tinggi, misal untuk sewa
apartemen perbulan sekitar $1.000 atau ekivalen dengan Rp10.000.000.
Biaya hidup untuk single paling irit $500 per bulan. Kenaikan gaji
didasarkan atas masa kerja, bukan pengalaman atau pangkat. Pengarahan
pengawas dan kepala sekolah terhadap guru pemula dilakukan secara
bertahap dari laissez-faire ke otokratik, yaitu: (a)guru disuruh membuat
perencanaan mengajar sesuai dengan keinginan, (b)rencana mengajar
dibuat bersama secara kolaboratif, (c)rencana pengajaran sesuai dengan
yang disarankan oleh pengawas, atau (d)rencana pengajaran dibuat oleh
pengawas yang harus dilaksanakan oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar