Sabtu, 26 Mei 2012

Contoh Program Supervisi/Monitoring


PROGRAM SUPERVISI DAN MONITORING
TAHUN AJARAN …………………..

NO.
URAIAN
KEGIATAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
WAKTU PELAKSANAAN
TARGET
1
Persiapan Mengajar
1.1.  Pembuatan program
Tahun /Semesteran




1.2.  Rencana Pelajaran













1.3.  Kegiatan Guru dalam Mengajar
Guru membuat Program Tahunan/Semesteran




KBM berjalan dengan tertib dan tujuan pembelajaran tiap pokok bahasan tercapai










KBM berjalan tertib, lancar, aman, efektif

Siswa aktif, Motifasi belajar tinggi

Tujuan khusus pembelajaran tercapai
1.   Menyiapkan bahan/buku untuk administrasi
2.   Menyiapkan kalender pendidikan
3.   Memberi contoh cara membuat program

1.      Menyediakan bahan/buku untuk pembuatan Desain Pembelajaran
2.      Memberi contoh cara membuat Desain Pembelajaran
3.      Memeriksa secara berkala dan kontinyu persiapan guru dalam mengajar
4.      Memberikan pembinaan bagi guru yang belum membuat Desain Pembelajaran tersebut

1.      Guru harus mempersiapkan kelas dengan baik sebelum mulai pelajaran
2.      Menyiapkan bahan apresepsi
3.      Menyiapkan pokok bahasan dengan baik
4.      Menggunakan alat peraga
5.      Memberikan kesempatan bertanya pada setiap siswa
6.      Mengajukan pertanyaan pada siswa
7.      Memberikan pujian pada siswa
8.      Mengakhiri dengan memberikan evaluasi singkat
Sepanjang tahun pelajaran





Sepanjang tahun pelajaran












Sepanjang tahun pelajaran
Semua guru memiliki/membuat program tahunan/semesteran


Semua guru memiliki/membuat Silabus Pembelajaran










KBM berjalan tertib, lancer, aman, efektif

Siswa aktif

Tujuan khusus pembelajaran tiap pokok bahasan tercapai
2
Penampilan waktu mengajar
Guru tampil bersih, berwibawa dan percaya diri
1.        Berpakaian yang rapid an serasi
2.        Suara tekanan suara yang berfariasi, tidak membosankan
3.        Membatasi gerak yang tidak perlu. Agar tidak mengganggu konsentrasi siswa
4.        Membawa kelengkapan mengajar yang diperlukan (buku pegangan guru, buku nilai)
5.        Upaya diselingi dengan dengan humor
Setiap kali mengajar
Semua guru penampilan yang berwibawa dan percaya diri
3
Penguasaan Bahan Pelajaran
Guru menguasai bahan pelajaran dengan baik, sehingga KBM tercapai efektif dan efisien (khusus indicator)
1.       Guru harus menguasai bahn pelajaran secara keseluruhan
2.       Dapat memberikan contoh yang tepat
3.       Pergunakan istilah yang tepat
4.       Mampu menjawab atas pertanyaan siswa dengan tepat
5.       Membuat kesimpulan dengan ringkas, padat, tepat, benar dan mudah
Setiap kali mengajar
Semua guru diharapkan menguasai semua materi yang disampaikan/diajarkan pada siswa
4
Situasi kelas
Para isiswa memusatkan perhatian terhadap ketenangan yang diberikan guru.
Timbul semangat belajar dari siswa/aktif.
Para siswa aktif mengajukan pertanyaan
1.       Mengajar menggunakan alat peraga/OHP
2.       Metode mengajar harus disesuaikan dengan materi yang disampaikan
3.       Guru harus pandai dalam mengajukan pertanyaan
4.       Memberikan pujian kepada setiap siswa yang menjawab benar dan jangan diucapkan bodoh apabila jawaban siswa itu salah/tidak benar
Setiap kali mengajar
Semua guru diharapkan dapat menguasai kelas dengan baik
5
Pola interaksi kegiatan belajar mengajar
Interaksi KBM siswa dan guru sama-sama aktif
1.       Menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar
2.       Guru harus pandai dalam mengajukan pertanyaan
3.       Sebaiknya sebelum menyampaikan materi yang akan dibahas, siswa terlebih dulu disuruh mempelajarinya/memahami selama 5-10 menit, baru guru mengajukan pertanyaan atau siswa disuruh bertaya dan siswa lain disuruh menjawab
4.       Setiap siswa harus memiliki buku catatan sendiri
Setiap kali mengajar
Semua guru diharapkan memiliki kemampuan untuk membangkitkan, menggali, memotivasi dan mengembangkan kemampuan siswa
6
Persiapan supervisi kelas
6.1. Observasi Kelas


















6.2. Supervisi Kelas
Terlaksananya observasi dengan baik
1.       Memberikan bimbimngan/arahan tentang maksud dan tujuan supervisi
2.       Memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran (program tahunan, semesteran, silabus dan desain
3.       Mendiskusikan rencana pelajaran yang akan diajarkan/disampaikan
4.       Menetapkan/mengatur jadwal supervisi dan disosialisasikan pada guru

1.       Menetapkan/membuta jadwal supervise kelas dan disosilalisasikan kepada semua guru
2.       Guru menyipakan perangkat pembelajaran secara lengkap (silabus, desain, pembelajaran, daftar nilai, buku pegangan, dsb.)
3.       Memberikan arahan/bimbingan kepada guru yang bersangkutan, maksud/tujuan diadakannya supervisi kelas
4.       Memberikan pembinaan pada guru memahami/mengalami kesulitan dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas
Disesuikan dengan jadwal pelaksanaan


















Disesuikan dengan jadwal pelaksanaan
Semua guru diobseravsi dalam tahun 2011/2012
















Semua guru dapat disupervisi  dengan baik


                                                                                                ………., …………… 2012
                                                                                                Kepala Sekolah




                                                                                               …………………………..
                                                                                                NIP.

Format Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, Supervisi Kunjungan Kelas


INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
(STANDAR PROSES)
Kegiatan Pembelajaran           : ...............................................
Nama Sekolah                         : ………………………………
Satuan Pendidikan                  : ...............................................
Nama Guru                             : ...............................................
Kelas/Semester                        : ...............................................
Mata Pelajaran                        : ...............................................
No
Komponen Kegiatan
Jawaban
Nilai
Ket
Ada
Tak Ada
A
B
C
D
E
Lkp
T. Lkp
5
4
3
2
1
1
Menyusun Rencana Pembelajaran










Merumuskan Indikator










Merumuskan langkah PBM










Mengalokasikan waktu










Menentukan sumber belajar










Menentukan metode mengajar










Rumusan penilaian









2
Pelaksanaan PBM










Membuka Pelajaran










Kesesuaian indikator dengan materi










Mengajukan pertanyaan










Menggunakan media










Mengadakan vareasi pembelajaran










Memberikan penguatan










Membimbing diskusi kecil










Memberikan layanan individual










Mengelola/penguasaan kelas










Melaksanakan penilaian proses










Melaksanakan penilaian akhir










Menutup pelajaran/kesimpulan









3
Tindak lanjut










Jumlah nilai









Nilai akhir =

……………, ....................... 20....
Yang disupervisi                                                                       Kepala Sekolah


..................................................                                                …………………….
NIP.


INSTRUMEN SUPERVISI MANAJERIAL
(STANDAR PENGELOLAAN)
Nama Sekolah                         : ……………………………..
Satuan Pendidikan                  : ...............................................
Kelas/Semester                        : ...............................................
Mata Pelajaran                        : ...............................................
No
Komponen Kegiatan
Jawaban
Nilai
Ket
Ada
Tak Ada
A
B
C
D
E
Lkp
T. Lkp
5
4
3
2
1
A
Administrasi Pembelajaran










Buku Kurikulum










Program tahunan/semester










Silabus










RPP










Program Evaluasi










Kumpulan /Kisi-kisi Soal










Analisis Hasil Belajar










Program remedial/pengayaan










Program BK










Daftar Ekstrakurikuler










Daftar Nilai










Jadwal Pelajaran










Kalender Pendidikan




















B
Administrasi  Penunjang










Daftar Kelas










Papan Absen Siswa










Grafik Absen










Buku Mutasi Siswa










Buku Tamu










Buku Inventaris










Buku Notula Rapat










Buku Catatan Prestasi Siswa










Buku Penghubung










Denah Kelas









Nilai akhir =
………….., ........................ 20....
                                                                                                  Kepala Sekolah


                                                                                                  ………………………….













SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
1.      Nama Sekolah         : …………………………..               5. Kelas/Semester        : ........
2.      Nama Guru             : ..................................................        6. Jam Pel. Ke             : ........
3.      Mata Pelajaran         : ..................................................        7. Hari/Tanggal           : ........
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
KETERANGAN
Maks.
Perolehan
I
PERSIAPAN




1.    Analisis SK/KD
4



2.    Silabus
6



3.    RPP
6



4.    Evaluasi
4



5.    Pengayaan/Remidial
5


II
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR




A.  PENDAHULUAN




1.    Penampilan Guru
3



2.    Apersepsi/motivasi
3



3.    Memberitahukan Materi yang akan diajarkan
2



B.                          B. KEGIATAN INTI




1.    Penguasaan Materi
6



2.    Penyajian sesuai dengan urutan materi
5



3.    Metode/Pendekatan
5



4.    Penggunaan alat  peraga
5



5.    Partisipasi siswa
4



6.    Teknik bertanya
4



7.    Bimbingan kepada siswa
4



8.    Penggunaan Bahasa Indonesia yang benar
4



9.    Evaluasi proses
6



10.             Penilaian Akhir
7



11.             Daya serap/ketuntasan belakajar
7



C.  PENUTUP




1.    Membuat Rangkuman
3



2.    Membuat Tugas/PR
3



3.    Pelaksanaan  sesuai dengan waktu
2



4.    Mengakhiri Pelajaran dengan baik
2








JUMLAH
100



Kesimpulan       : ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Saran                 :  ...............................................................................................................................................  .............................................................................................................................................. .................................................................................................................................................

Keterangan        :
91 – 100            = Amat Baik
81 – 90  = Baik
71 – 80 = Sedang
61 – 70 = Cukup
  ≤ 60     = Kurang
                                                                                                  ……., .....................20...
Guru yang bersangkutan                                                           Kepala Sekolah



............................................                                                      ………………………..
NIP.                                                                                        NIP.