PROGRAM SUPERVISI DAN MONITORING
TAHUN AJARAN …………………..
NO.
|
URAIAN
KEGIATAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
LANGKAH-LANGKAH
UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
TARGET
|
1
|
Persiapan Mengajar
1.1. Pembuatan program
Tahun
/Semesteran
1.2. Rencana Pelajaran
1.3. Kegiatan Guru dalam Mengajar
|
Guru membuat Program
Tahunan/Semesteran
KBM berjalan dengan tertib
dan tujuan pembelajaran tiap pokok bahasan tercapai
KBM berjalan tertib, lancar, aman, efektif
Siswa aktif, Motifasi belajar
tinggi
Tujuan khusus pembelajaran
tercapai
|
1. Menyiapkan bahan/buku untuk administrasi
2. Menyiapkan kalender pendidikan
3. Memberi contoh cara membuat program
1. Menyediakan bahan/buku untuk pembuatan Desain
Pembelajaran
2. Memberi contoh cara membuat Desain Pembelajaran
3. Memeriksa secara berkala dan kontinyu persiapan guru
dalam mengajar
4. Memberikan pembinaan bagi guru yang belum membuat
Desain Pembelajaran tersebut
1. Guru harus mempersiapkan kelas dengan baik sebelum
mulai pelajaran
2. Menyiapkan bahan apresepsi
3. Menyiapkan pokok bahasan dengan baik
4. Menggunakan alat peraga
5. Memberikan kesempatan bertanya pada setiap siswa
6. Mengajukan pertanyaan pada siswa
7. Memberikan pujian pada siswa
8. Mengakhiri dengan memberikan evaluasi singkat
|
Sepanjang tahun pelajaran
Sepanjang tahun pelajaran
Sepanjang tahun pelajaran
|
Semua guru memiliki/membuat
program tahunan/semesteran
Semua guru memiliki/membuat
Silabus Pembelajaran
KBM berjalan tertib,
lancer, aman, efektif
Siswa aktif
Tujuan khusus pembelajaran
tiap pokok bahasan tercapai
|
2
|
Penampilan waktu mengajar
|
Guru tampil bersih,
berwibawa dan percaya diri
|
1.
Berpakaian yang
rapid an serasi
2.
Suara tekanan
suara yang berfariasi, tidak membosankan
3.
Membatasi gerak
yang tidak perlu. Agar tidak mengganggu konsentrasi siswa
4.
Membawa
kelengkapan mengajar yang diperlukan (buku pegangan guru, buku nilai)
5.
Upaya diselingi
dengan dengan humor
|
Setiap kali mengajar
|
Semua guru penampilan yang
berwibawa dan percaya diri
|
3
|
Penguasaan Bahan Pelajaran
|
Guru menguasai bahan
pelajaran dengan baik, sehingga KBM tercapai efektif dan efisien (khusus
indicator)
|
1. Guru harus menguasai bahn pelajaran secara
keseluruhan
2. Dapat memberikan contoh yang tepat
3. Pergunakan istilah yang tepat
4. Mampu menjawab atas pertanyaan siswa dengan tepat
5. Membuat kesimpulan dengan ringkas, padat, tepat,
benar dan mudah
|
Setiap kali mengajar
|
Semua guru diharapkan
menguasai semua materi yang disampaikan/diajarkan pada siswa
|
4
|
Situasi kelas
|
Para isiswa memusatkan perhatian terhadap ketenangan
yang diberikan guru.
Timbul semangat belajar
dari siswa/aktif.
Para siswa aktif mengajukan pertanyaan
|
1. Mengajar menggunakan alat peraga/OHP
2. Metode mengajar harus disesuaikan dengan materi yang
disampaikan
3. Guru harus pandai dalam mengajukan pertanyaan
4. Memberikan pujian kepada setiap siswa yang menjawab
benar dan jangan diucapkan bodoh apabila jawaban siswa itu salah/tidak benar
|
Setiap kali mengajar
|
Semua guru diharapkan dapat
menguasai kelas dengan baik
|
5
|
Pola interaksi kegiatan
belajar mengajar
|
Interaksi KBM siswa dan
guru sama-sama aktif
|
1. Menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar
2. Guru harus pandai dalam mengajukan pertanyaan
3. Sebaiknya sebelum menyampaikan materi yang akan
dibahas, siswa terlebih dulu disuruh mempelajarinya/memahami selama 5-10 menit,
baru guru mengajukan pertanyaan atau siswa disuruh bertaya dan siswa lain
disuruh menjawab
4. Setiap siswa harus memiliki buku catatan sendiri
|
Setiap kali mengajar
|
Semua guru diharapkan
memiliki kemampuan untuk membangkitkan, menggali, memotivasi dan mengembangkan
kemampuan siswa
|
6
|
Persiapan supervisi kelas
6.1. Observasi Kelas
6.2. Supervisi Kelas
|
Terlaksananya observasi
dengan baik
|
1. Memberikan bimbimngan/arahan tentang maksud dan
tujuan supervisi
2. Memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran
(program tahunan, semesteran, silabus dan desain
3. Mendiskusikan rencana pelajaran yang akan
diajarkan/disampaikan
4. Menetapkan/mengatur jadwal supervisi dan
disosialisasikan pada guru
1. Menetapkan/membuta jadwal supervise kelas dan disosilalisasikan
kepada semua guru
2. Guru menyipakan perangkat pembelajaran secara
lengkap (silabus, desain, pembelajaran, daftar nilai, buku pegangan, dsb.)
3. Memberikan arahan/bimbingan kepada guru yang
bersangkutan, maksud/tujuan diadakannya supervisi kelas
4. Memberikan pembinaan pada guru memahami/mengalami
kesulitan dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas
|
Disesuikan dengan jadwal
pelaksanaan
Disesuikan dengan jadwal
pelaksanaan
|
Semua guru diobseravsi
dalam tahun 2011/2012
Semua guru dapat
disupervisi dengan baik
|
……….,
…………… 2012
Kepala
Sekolah
…………………………..
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar