INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
(STANDAR PROSES)
Kegiatan
Pembelajaran :
...............................................
Nama
Sekolah : ………………………………
Satuan
Pendidikan :
...............................................
Nama
Guru :
...............................................
Kelas/Semester
:
...............................................
Mata
Pelajaran :
...............................................
No
|
Komponen
Kegiatan
|
Jawaban
|
Nilai
|
Ket
|
||||||
Ada
|
Tak Ada
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||||
Lkp
|
T. Lkp
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Menyusun Rencana Pembelajaran
|
|||||||||
Merumuskan
Indikator
|
||||||||||
Merumuskan
langkah PBM
|
||||||||||
Mengalokasikan
waktu
|
||||||||||
Menentukan
sumber belajar
|
||||||||||
Menentukan
metode mengajar
|
||||||||||
Rumusan
penilaian
|
||||||||||
2
|
Pelaksanaan PBM
|
|||||||||
Membuka
Pelajaran
|
||||||||||
Kesesuaian
indikator dengan materi
|
||||||||||
Mengajukan
pertanyaan
|
||||||||||
Menggunakan
media
|
||||||||||
Mengadakan
vareasi pembelajaran
|
||||||||||
Memberikan
penguatan
|
||||||||||
Membimbing
diskusi kecil
|
||||||||||
Memberikan
layanan individual
|
||||||||||
Mengelola/penguasaan
kelas
|
||||||||||
Melaksanakan
penilaian proses
|
||||||||||
Melaksanakan
penilaian akhir
|
||||||||||
Menutup
pelajaran/kesimpulan
|
||||||||||
3
|
Tindak lanjut
|
|||||||||
Jumlah
nilai
|
||||||||||
Nilai
akhir =
|
……………,
....................... 20....
Yang
disupervisi Kepala Sekolah
..................................................
…………………….
NIP.
INSTRUMEN SUPERVISI MANAJERIAL
(STANDAR PENGELOLAAN)
Nama
Sekolah : ……………………………..
Satuan
Pendidikan : ...............................................
Kelas/Semester
:
...............................................
Mata
Pelajaran :
...............................................
No
|
Komponen Kegiatan
|
Jawaban
|
Nilai
|
Ket
|
||||||
Ada
|
Tak Ada
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||||
Lkp
|
T. Lkp
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
A
|
Administrasi Pembelajaran
|
|||||||||
Buku
Kurikulum
|
||||||||||
Program
tahunan/semester
|
||||||||||
Silabus
|
||||||||||
RPP
|
||||||||||
Program
Evaluasi
|
||||||||||
Kumpulan
/Kisi-kisi Soal
|
||||||||||
Analisis
Hasil Belajar
|
||||||||||
Program
remedial/pengayaan
|
||||||||||
Program
BK
|
||||||||||
Daftar
Ekstrakurikuler
|
||||||||||
Daftar
Nilai
|
||||||||||
Jadwal
Pelajaran
|
||||||||||
Kalender
Pendidikan
|
||||||||||
B
|
Administrasi
Penunjang
|
|||||||||
Daftar
Kelas
|
||||||||||
Papan
Absen Siswa
|
||||||||||
Grafik
Absen
|
||||||||||
Buku
Mutasi Siswa
|
||||||||||
Buku
Tamu
|
||||||||||
Buku
Inventaris
|
||||||||||
Buku
Notula Rapat
|
||||||||||
Buku
Catatan Prestasi Siswa
|
||||||||||
Buku
Penghubung
|
||||||||||
Denah
Kelas
|
||||||||||
Nilai
akhir =
|
………….., ........................
20....
Kepala Sekolah
………………………….
SUPERVISI
KUNJUNGAN KELAS
1. Nama
Sekolah : …………………………..
5. Kelas/Semester : ........
2. Nama
Guru :
.................................................. 6. Jam Pel. Ke :
........
3. Mata
Pelajaran : .................................................. 7. Hari/Tanggal : ........
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
|
Maks.
|
Perolehan
|
|||
I
|
PERSIAPAN
|
|||
1. Analisis
SK/KD
|
4
|
|||
2. Silabus
|
6
|
|||
3. RPP
|
6
|
|||
4. Evaluasi
|
4
|
|||
5. Pengayaan/Remidial
|
5
|
|||
II
|
KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
|
|||
A. PENDAHULUAN
|
||||
1. Penampilan
Guru
|
3
|
|||
2. Apersepsi/motivasi
|
3
|
|||
3. Memberitahukan
Materi yang akan diajarkan
|
2
|
|||
B.
B. KEGIATAN
INTI
|
||||
1. Penguasaan
Materi
|
6
|
|||
2. Penyajian
sesuai dengan urutan materi
|
5
|
|||
3. Metode/Pendekatan
|
5
|
|||
4. Penggunaan
alat peraga
|
5
|
|||
5. Partisipasi
siswa
|
4
|
|||
6. Teknik
bertanya
|
4
|
|||
7. Bimbingan
kepada siswa
|
4
|
|||
8. Penggunaan
Bahasa Indonesia yang benar
|
4
|
|||
9. Evaluasi
proses
|
6
|
|||
10.
Penilaian Akhir
|
7
|
|||
11.
Daya serap/ketuntasan
belakajar
|
7
|
|||
C. PENUTUP
|
||||
1. Membuat
Rangkuman
|
3
|
|||
2. Membuat
Tugas/PR
|
3
|
|||
3. Pelaksanaan sesuai dengan waktu
|
2
|
|||
4. Mengakhiri
Pelajaran dengan baik
|
2
|
|||
JUMLAH
|
100
|
Kesimpulan
: ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Saran
:
............................................................................................................................................... ..............................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Keterangan :
91
– 100 = Amat Baik
81
– 90 = Baik
71
– 80 = Sedang
61
– 70 = Cukup
≤ 60 =
Kurang
……., .....................20...
Guru
yang bersangkutan Kepala
Sekolah
............................................
………………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar