Sabtu, 26 Mei 2012

Format Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, Supervisi Kunjungan Kelas


INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
(STANDAR PROSES)
Kegiatan Pembelajaran           : ...............................................
Nama Sekolah                         : ………………………………
Satuan Pendidikan                  : ...............................................
Nama Guru                             : ...............................................
Kelas/Semester                        : ...............................................
Mata Pelajaran                        : ...............................................
No
Komponen Kegiatan
Jawaban
Nilai
Ket
Ada
Tak Ada
A
B
C
D
E
Lkp
T. Lkp
5
4
3
2
1
1
Menyusun Rencana Pembelajaran










Merumuskan Indikator










Merumuskan langkah PBM










Mengalokasikan waktu










Menentukan sumber belajar










Menentukan metode mengajar










Rumusan penilaian









2
Pelaksanaan PBM










Membuka Pelajaran










Kesesuaian indikator dengan materi










Mengajukan pertanyaan










Menggunakan media










Mengadakan vareasi pembelajaran










Memberikan penguatan










Membimbing diskusi kecil










Memberikan layanan individual










Mengelola/penguasaan kelas










Melaksanakan penilaian proses










Melaksanakan penilaian akhir










Menutup pelajaran/kesimpulan









3
Tindak lanjut










Jumlah nilai









Nilai akhir =

……………, ....................... 20....
Yang disupervisi                                                                       Kepala Sekolah


..................................................                                                …………………….
NIP.


INSTRUMEN SUPERVISI MANAJERIAL
(STANDAR PENGELOLAAN)
Nama Sekolah                         : ……………………………..
Satuan Pendidikan                  : ...............................................
Kelas/Semester                        : ...............................................
Mata Pelajaran                        : ...............................................
No
Komponen Kegiatan
Jawaban
Nilai
Ket
Ada
Tak Ada
A
B
C
D
E
Lkp
T. Lkp
5
4
3
2
1
A
Administrasi Pembelajaran










Buku Kurikulum










Program tahunan/semester










Silabus










RPP










Program Evaluasi










Kumpulan /Kisi-kisi Soal










Analisis Hasil Belajar










Program remedial/pengayaan










Program BK










Daftar Ekstrakurikuler










Daftar Nilai










Jadwal Pelajaran










Kalender Pendidikan




















B
Administrasi  Penunjang










Daftar Kelas










Papan Absen Siswa










Grafik Absen










Buku Mutasi Siswa










Buku Tamu










Buku Inventaris










Buku Notula Rapat










Buku Catatan Prestasi Siswa










Buku Penghubung










Denah Kelas









Nilai akhir =
………….., ........................ 20....
                                                                                                  Kepala Sekolah


                                                                                                  ………………………….













SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
1.      Nama Sekolah         : …………………………..               5. Kelas/Semester        : ........
2.      Nama Guru             : ..................................................        6. Jam Pel. Ke             : ........
3.      Mata Pelajaran         : ..................................................        7. Hari/Tanggal           : ........
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
KETERANGAN
Maks.
Perolehan
I
PERSIAPAN




1.    Analisis SK/KD
4



2.    Silabus
6



3.    RPP
6



4.    Evaluasi
4



5.    Pengayaan/Remidial
5


II
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR




A.  PENDAHULUAN




1.    Penampilan Guru
3



2.    Apersepsi/motivasi
3



3.    Memberitahukan Materi yang akan diajarkan
2



B.                          B. KEGIATAN INTI




1.    Penguasaan Materi
6



2.    Penyajian sesuai dengan urutan materi
5



3.    Metode/Pendekatan
5



4.    Penggunaan alat  peraga
5



5.    Partisipasi siswa
4



6.    Teknik bertanya
4



7.    Bimbingan kepada siswa
4



8.    Penggunaan Bahasa Indonesia yang benar
4



9.    Evaluasi proses
6



10.             Penilaian Akhir
7



11.             Daya serap/ketuntasan belakajar
7



C.  PENUTUP




1.    Membuat Rangkuman
3



2.    Membuat Tugas/PR
3



3.    Pelaksanaan  sesuai dengan waktu
2



4.    Mengakhiri Pelajaran dengan baik
2








JUMLAH
100



Kesimpulan       : ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Saran                 :  ...............................................................................................................................................  .............................................................................................................................................. .................................................................................................................................................

Keterangan        :
91 – 100            = Amat Baik
81 – 90  = Baik
71 – 80 = Sedang
61 – 70 = Cukup
  ≤ 60     = Kurang
                                                                                                  ……., .....................20...
Guru yang bersangkutan                                                           Kepala Sekolah



............................................                                                      ………………………..
NIP.                                                                                        NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar