ACTION
PLAN SLB N 4 JAKARTA
HASIL
EVALUASI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
TAHUN
2012/2013
No
|
Aspek
|
Permasalahan
|
Action Plan
|
Pelaku/ Stake
Holder/ Pendamping/ Nara Sumber
|
Sasaran
|
Waktu
|
Strategi/Cara
|
Sarana
|
Lokasi
|
Sumber Dana
|
Jenis Tagihan
|
1
|
Standar
Isi
|
1.
Belum dibentuk Tim Pengembang sekolah
2.
Dalam visi (perhatikan kalimat) mewujudkan
harusnya “terwujudnya”
3.
Nilai karakter apa saja yang dikembangkan di
sekolah
4.
Nilai karakter apa yang menjadi khas/unggulan
sekolah
5.
Belum disusun skala prioritas dari hasil EDS dan
analisis SWOT
|
1.
Menyusun SK Khusus yang dibagi secara terperinci
2.
Memperbarui/merevisi perumusan Visi sekolah
3.
Memprogramkan nilai karakter yang dikembangkan di
sekolah
4.
Membudayakan nilai karakter yang menjadi
ciri/unggulan sekolah
5.
Menyusun skala prioritas dari hasil EDS
|
1.
Dra. Eka Prapti, MM
2.
Tim pengembang sekolah
3.
Tim pengembang sekolah
4.
Tim pengembang sekolah
5.
Tim Pengembang Sekolah
|
Semua
stakeholder sekolah
Semua
stake holder
Semua
stake holder
Semua
stake holder
Program
Sekolah/ RKS
|
Jum’at/11-01-2013
Jum’at/11-01-2012
Jum’at/11-01-2012
Jum’at/11-01-2013
Jum’at/
08-03-2013
|
1.
Rapat kerja sekolah
2.
Rapat kerja sekolah
3.
Rapat kerja sekolah
4.
Rapat kerja sekolah
5.
Rapat kerja sekolah dengan masukan dari semua
coordinator dan hasil analisis SWOT
|
Laptop
Infocus
Printer
Notulen
Laptop
Infocus
Printer
Notulen
Laptop
Infocus
Printer
Notulen
Laptop
Infocus
Laptop
Infocus
|
R. guru
R. guru
R. guru
R. guru
R. Guru
|
BOP
BOP
BOP
BOP
BOP
|
SK
Tim Pengembang Sekolah
Visi
sekolah yang telah direvisi
Laporan
keputusan nilai karakter yang dikembangkan di sekolah
Laporan
keputusan nilai karakter yang menjadi unggulan sekolah
Tersusunnya
skala prioritas kerja sekolah
|
2
|
Standar
Proses
|
1.
Assesmen belum dilakukan dengan maksimal (waktu
terlalu singkat hanya 3 hari)
2.
Belum diterbitkan assesmen awal dan akhir untuk
dilaporkan kepada orangtua
3.
Sebagian guru belum lengkap dalam menyusun program
pembelajaran
|
1.
Menentukan jangka waktu pelaksanaan assesmen yang
ideal
2.
Menerbitkan hasil assessment awal sebagai bukti
untuk orangtua
3.
Melakukan pembinaan penyusunan program
pembelajaran (Silabus/ RPP/ Prota/ Prosem/ KKM/ Penilaian/ Analisis Hasil
Penilaian/ Remedial/ Pengayaan dll)
|
1.
Tim Pengembang Sekolah
2.
Panitia Assesment tahun 2012/2013
3.
Dra. Siti Aisyah, Dra. Eka Prapti, MM, Tati. Y, S.
Pd
|
Waktu
Assesment
Hasil
Assesment
Program
Pembelajaran
|
Jum’at/
11-01-2013
Awal
tahun 2013/ 2014
Jum’at/
25-01-2013 dan sepanjang tahun 2012/ 2013 setiap hari Jum’at
|
1. Rapat kerja
sekolah dipimpin oleh Tim Pengembang Sekolah
2. Membuat
laporan hasil assessment awal dan akhir
3. Pembinaan dari
pengawas, kepala sekolah dan guru senior
|
Laptop
Infocus
Laptop/
Kompt.
Printer
Laptop
Infocus
|
Sekolah
R.
Assesment
R.
guru
|
BOP
BOP
BOS/
BOP
|
Program
perencanaan assesment
Laporan
hasil assesment
Prota,
Prosem, Silabus, RPP, Daftar KKM, Prog. Remedial, Prog. Pengayaan
|
3
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
1.
Kenapa permasalahan yang disorot hanya lulusan
SMALB
|
1.
Menyusun standar kompetensi lulusan untuk TKLB/
SDLB/ SMPLB/ SMLB
|
1.
Tim Pengembang Sekolah
|
SKL
|
Jum’at/
Juni 2013
|
1. Rapat kerja
sekolah
|
Laptop
Kompt.
|
R.
Guru
|
BOP
|
Tersusunnya
SKL TKLB/ SDLB/ SMPLB/ SMLB
|
4
|
Standar
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
|
1.
Belum ada program guru induksi
2.
Tenaga administrasi harus mendukung kinerja kepala
sekolah
3.
Guru belum paham tentang pendidikan inklusi dan
GPK
4.
Sekolah belum maksimal dalam implementasi hasil
pelatihan/workshop
|
1.
Menyusun program guru induksi
2.
Pembinaan tenaga administrasi secara berkalan
3.
Workshop tentang inklusi dan GPK,
4.
Memprogramkan imbas pelatihan/workshop oleh
guru/kepala sekolah
|
1.
Dra. Siti Aisyah
2.
Dra. Eka Prapti, MM
3.
Dra. Siti Aisyah
Dedeh.
K, S. Pd
Bambang
4.
Dra. Eka Prapti, MM /Guru yang mengikuti
pelatihan/workshop
|
Semua
guru
TU
Semua
guru
Semua
guru
|
Jum’at/
18-01-2013
Setiap
Jum’at sepanjang tahun
Jum’at/
18-01-2013
Jum’at/
25-01-2013
Setiap
Rabu
|
1.
Pembinaan pengawas
2.
Pembinaan berkala
3.
Workshop
4.
Sharing penyampaian materi/ pembinaan teman
sejawat
|
Laptop
Infocus
Kompt,
Laptop
Infocus
Printer
Laptop
Infocus CD/Fdisk
|
R.
Guru
R.
Guru/ R. TU
R.
Guru
R.
guru
|
BOP
BOP
Blockgrant
Pusat Sumber
BOP
|
Jadwal
dan program guru induksi
Catatan
pembinaan tenaga adm. Oleh KS
Contoh
Assesmen, Profil, PPI, program pusat sumber, inventaris Sar-pras pusat sumber
Catatan
hasil sharing
|
5
|
Standar
Sarana dan Prasarana
|
1.
Belum diadakan inventarisasi barang di sekolah
secara teratur
2.
Belum ada nomerisasi inventaris sekolah
3.
Belum maksimal penggunaan Perpustakaan
4.
Belum maksimal dalam melakukan penghijauan sekolah
5.
Belum ada program pengolahan limbah
|
1.
Melakukan inventarisasi barang secara
berkelanjutan
2.
Melakukan nomerisasi inventaris sekolah
(mebeler/buku-buku dll)
3.
Melaksanakan program penggunaan Perpustakaan
4.
Meningkatkan program Jum’at bersih dan
mengembangkan program penghijauan
5.
Menyusun dan melaksanakan program pengolahan
limbah
|
1.
Jailim, S. Pd (Sie. Sar-pras)
2.
Tati. Y, S. Pd
3.
Tati. Y, S. Pd
4.
Teguh Widodo, S. Pd
5.
Jailim, S. Pd dan Tati. Y, S. Pd
|
Data
Inventaris sekolah
Inventaris
sekolah
Perpust.
Ling.
Sekolah
Sampah
di lingk. sekolah
|
Jum’at/
s.d Juni 2013
Jum’at/s.d
Juni 2013
Jum’at/
11-02-2012
Setiap
Jum’at bersih
Setiap
Jum’at
|
1. Pemeriksaan
inventaris lama dan memperbarui data
2. Melakukan
nomerisasi semua inventaris
3. Mensosialisasikan
jadwal penggunaan perpust.
4. Meningkatkan
perawatan dan penanaman pohon
5. Membuat
program pengolahan limbah (contoh: aqua menjadi kerajinan)
|
Komputer
Printer
Buku
inventaris
Komputer
Cat/Phylox
Laptop
Infocus
Sapu
Serokan
Cangkul
kecil
Pot
Tanaman
bunga/ Tanaman cabe, tomat dll
Gunting
Pisau
kecil
Lem
dll
|
Sekolah
Sekolah
R.
Guru
Tanah
kosong dan lahan sekolah
Sekolah
|
BOP
BOP
BOP
BOP
BOS
|
Daftar
inventaris yan terbarui
Adanya
nomerisasi inventaris sekolah
Laporan
program kunjungan perpustakaan
Lingkungan
sekolah yang bersih, hijau dan asri,
Lingkungan
sekolah yang asri, adanya karya kerajinan hasil pengolahan limbah
|
6
|
Standar
Pengelolaan
|
1.
Belum dibentuk panitia kegiatan secara terperinci
(mis. Sie olahraga futsal siapa)
2.
Karena sekolah ditunjuk sebagai pusat sumber
(khususnya tuna daksa) sekolah belum melengkapi sumber daya dan fasilitas
sesuai jenis kelainan (daksa)
3.
Data prestasi siswa tidak perlu dipilah – pilah
per jenis (usahakan satu tapi diperbarui secara berkelanjutan)
|
1.
Membentuk dan menunjuk panitia/ penanggungjawab
kegiatan sekolah secara detail
2.
Workshop pusat sumber
3.
Memperbarui data prestasi siswa dan guru
|
1.
Dra. Eka Prapti, MM
2.
Dra. Siti Aisyah
3.
Hajri Yusyamsi, Amd
|
Kegiatan
sekolah
Semua
stakeholder
Prestasi
guru dan siswa
|
Jum’at/
11-01-2013
Jum’at/
25-01-2013
Sepanjang
tahun 2012/2013
|
1.
Membagi tugas dan menunjuk kepanitiaan kegiatan
2.
Workshop pusat sumber
3.
Mencatat prestasi guru dan siswa setelah kegiatan
|
Laptop
Laptop
Infocus
Buku
prestasi
|
R.
Guru
R.
Guru
R.
TU
|
BOP
Blockgrant
Pusat Sumber
BOP
|
SK
Kepanitiaan secara detail
Pengadaan
R. Pusat Sumber, Sar-pras pusat sumber, Prog. Pusat Sumber
Data
prestasi guru dan siswa yang terbarui
|
7
|
Standar
Pembiayaan
|
1.
RKAS belum ada lampiran tentang susulan bantuan
yang belum dianggarkan di awal tahun
2.
Belum diprogramkan rasionaliasi keuangan
|
1.
Menambahkan lampiran anggaran tambahan dari
bantuan yang belum terdata di awal tahun (RKAS)
2.
Rasionalisasi keuangan
|
1.
Sihman, S. Pd (Bendahara)
2.
Dra. Eka Prapti, MM dan Sihman, S. Pd
|
Bansos
yang belum terdata di awal tahun
Seluruh
keuangan sekolah
|
Sepanjang
tahun 2012/ 2013
Jum’at/
08-02-2013
|
1. Membuat
lampiran tambahan pada RKAS
2. Pemaparan
keuangan sekolah
|
Laptop/
Kompt.
Infocus
Laptop
Infocus
|
Sekolah
R.
Guru
|
BOP
BOP
|
RKAS
yang lengkap sampai akhir tahun
Transparansi
keuangan sekolah
|
8
|
Standar
Penilaian
|
1.
Supervisi belum berjalan dengan maksimal
2.
Daftar KKM (sebagian guru belum mengetahui cara
menghitung KKM)
|
1.
Melaksanakan supervisi sesuai program
2.
Melakukan pembinaan cara menghitung KKM
|
1.
Dra. Eka Prapti, MM, Jailim, S. Pd, Sihman, S. Pd
2.
Dra. Siti Aisyah
|
Semua
guru
Semua
guru
|
Sesuai
jadwal supervisi
Jum’at/
25-01-2013
|
1.
Pengawasan, penilaian dan pembinaan guru
2.
Pembinaan/ pelatihan
|
Instrumen
Supervisi,
Laptop Infocus
|
R.
Guru/ Kelas
R.
Guru
|
BOS
dan BOP
BOP
|
Laporan
supervisi,
Form
penghitungan KKM, Daftar KKM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar